Kata Kata Wejangan, Petuah Jawa

Mencari kata kata wejangan mengingatkan saya akan sosok simbah yang selalu memberikan kata kata petuah Jawa. Untuk orang Jawa memang ada beberapa kata bijak bahasa Jawa yang kalau kita renungi makna dan artinya sangat bagus untuk bekal hidup.

Berawal dari iseng, saya sering mendengar kalau orang tua lagi ngobrol tentang hitungan hari, weton, atau apa saja yang berkaitan dengan filosofi Jawa. Memang selalu orang Jawa kalau mau berbuat pasti akan sangat berhati-hati dalam mengambil langkah, sehingga diharapkan agar terhindar dari apa yang disebut mara bahaya.

Kata Kata Wejangan, Petuah Jawa

Berukit beberapa kata wejangan dan nasehat Jawa yang diwujudkan kedalam ungkapan maupun peribahasa:
  1. Ono dino ono upo, artinya ada hari ada nasi. Dalam arti lain, dimana kita masih hidup pasti akan selalu membutuhkan makanan, untuk itu dalam hidup harus rajin untuk mencari makan (mencari nafkah).
  2. Sak bejo bejane wong lali isih bejo wong kang eling lan waspodo, artinya seberapa beruntungnya orang yang lupa (lalai) masih beruntung orang yang ingat (selalu waspada).
  3. Wong urip kuwi ora mung sak dermo urip, artinya orang hidup itu tidak hanya sekedar hidup. Dalam arti lain kita dituntut untuk selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk hidup, karena kita hidup di dunia ini tidak hanya kebetulan, namun kita diciptakan oleh Tuhan untuk berbuat yang terbaik dan mencintai sesama.

Demikianlah beberapa kata petuah Jawa tentang hidup yang dapat kalian berikan sebagai kata kata untuk sahabat atau SMS kepada teman. Sebagai orang yang memiliki budaya, agama, dan cinta, kita hendaknya menghargai apa yang ada dalam hidup ini dengan melakukan yang terbaik untuk hidup dan orang orang yang kita cinta.

Advertisement

No comments:

Post a Comment